Bupati Minta Camat di Banjarnegara Standby di Rumah Dinas

Musim penghujan saat ini, wilayah Kabupaten Banjarnegara rawan bencana. Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono meminta semua camat untuk menempati rumah dinas yang disediakan di wilayahnya masingmasing. Sedangkan masyarakat, ia mengimbau agar melakukan ronda sebagai bentuk kewaspadaan.

“Saya sudah memerintahkan kepada kepada camat untuk menempati rumah dinas. Untuk memudahkan koordinasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Salah satunya jika ada bencana alam,” tegas Budhi kepada wartawan, Kamis (9/11/2017).

Menurutnya, upaya ini harus dilakukan mengingat intensitas hujan masih tinggi di Banjarnegara. Berdasarkan laporan yang ia terima, tingginya curah hujan tinggi ini diprediksi sampai bulan Februari 2018 mendatang.

Di sisi lain, ia juga mengimbau agar masyarakat ikut waspada. Salah satunya untuk menghidupkan kegiatan ronda malam di tempat tinggal masingmasing. Sehingga, jika terjadi hujan lebat malam hari ada upaya menyelamatkan diri.

“Namanya alam tidak bisa kita tebak. Tetapi setidaknya kita harus waspada setiap saat,” tuturnya.

Saat ditanya soal perkembangan korban tumbangnya pohon beringin Alunalun Banjarnegara, Budhi mengatakan semua biaya pengobatan ditanggung oleh pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Termasuk bagi korban yang dirujuk ke luar daerah.

“Ada yang dirawat di RSUD Banjarnegara tetapi ada yang dirujuk ke Siaga Medika Banyumas. Kami sudah koordinasikan semua biaya ditanggung Pemkab,” kata dia.