Bu Nyai Pengasuh 3 Pesantren Dukung Gus Ipul

Situbondo Nyai Hj Makkiyah, pengasuh 3 pondok pesantren di Jawa Timur ini telah menyatakan dukungannya kepada calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf.

Ia membeberkan alasan memilih dan mendukung Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018, di hadapan ribuan wali santri 3 pondok pesantren (Ponpes Salafiyah Syafiiyah, Sukorejo, Situbondo; Ponpes Al Huda, Sumber Nangka, Duko Timur, Larangan, Pamekasan; Ponpes AsShidqiyah, Perum Batu Kencana, Sumenep) yang diasuh bu Nyai Hj Makkiyah.

“Kiai Fawaid Asad pernah berpesan, jika Gus Ipul maju sebagai Calon Gubernur Jawa Timur, maka saya diminta total memberikan dukungan lahir dan batin,” ujar Nyai Hj Makkiyah, di Ponpes Salafiyah Syafiiyah, Sukorejo, Kabupaten Situbondo, Minggu (10/12/2017).

Dia menceritakan, pesan Kiai Fawaid tidak hanya dia dengar sendiri, tapi juga banyak saksi yang mendengarkan pesan Kiai Fawaid itu di antaranya, para pengurus Pesantren Sukorejo, yang saat itu mengikuti pertemuan rutin bulanan pesantren. Pesan tersebut di antaranya tentang pembagian tugas antara bu Nyai Makkiyah dengan Kiai Azaim.

KH Azaim mendapatkan tugas mengurus pesantren dan umat. Sedangkan Nyai Makkiyah mendapatkan tugas dalam urusan Pemilihan Gubernur Jawa Timur.

“Pesan almarhum KH Fawaid (tentang Pilgub Jatim 2018) sekarang ini saya yang menjalankannya,” tuturnya.

Bu Nyai Makkiyah membeberkan alasan utama pesan KH Fawaid kepadanya terkait Pilgub Jatim. Saat itu, KH Fawaid mengatakan, sepanjang era kemerdekaan Jawa Timur tidak memiliki gubernur yang berasal dari warga NU (Nahdlatul Ulama).

“Sekarang ini sudah saatnya untuk mendukung Gus Ipul menjadi Gubernur Jawa Timur,” tuturnya.

“Apalagi Gus Ipul tidak pernah meminta jadi gubernur, tapi maju (menjadi calo Gubernur Jatim) karena atas perintah para kiaikiai sepuh di Jawa Timur,” jelasnya.

Related Post