Bikin Kaget Petugas, Ada Jemaah Jalan Kaki Tersesat hingga 7 Km

Madinah Selalu ada jemaah tersesat di Masjid Nabawi, Madinah. Biasanya mereka lupa pintu masuk atau keluar masjid. Faktor usia dan kemampuan menghapal jalan jadi penyebab utama. Nah, ternyata ada yang lebih parah: tersesat sejauh 7 kilometer. Hah?

Kejadian tersebut disampaikan Kepala Seksi Perlindungan Jemaah (Linjam) Daerah Kerja (Daker) Madinah, Ali Nurrokhim, Minggu (13/8/2017) malam Waktu Arab Saudi. Ali yang berdinas di TNI dengan pangkat Letnan Kolonel ini menjelaskan, tidak ada peristiwa menonjol sejak kedatangan jemaah haji Indonesia pada Jumat (28/7) hingga hari ini.

“Kalau (jemaah) tersesat sudah pasti ada. Tiap tahun seperti itu. Yang membuat kaget, ada 2 jemaah yang jalan kaki dan tersesat ke Jabal Uhud dan Masjid Qiblatain,” kata Ali.

Jabal Uhud berjarak 45 kilometer dari Masjid Nabawi, sedangkan Masjid Qiblatain berjarak kurang lebih 7 kilometer dari Nabawi. Tak diketahui alasan kedua jemaah jalan kaki ke tempat tersebut. Sebab seharusnya naik bus sebagaimana jemaah lain. Jemaah yang tersesat ke Jabal Uhud bahkan ditemukan dalam kondisi hampir pingsan karena serangan cuaca panas.

Biasanya, jemaah yang tersesat di Masjid Nabawi ditangani Linjam Sektor Khusus (Seksus). Nah, untuk 2 jemaah yang tersesat ke Jabal Uhud dan Masjid Qiblatain, Linjam jelas tidak tahu karena tak ada personel di sana. Beruntung, ada warga setempat yang mengidentifikasi jemaah tersebut.

“Warga tahu itu jemaah Indonesia dari penanda seperti tas, gelang, dan identitas. Kemudian menelepon (kantor) Daker,” kata Ali yang tak menjelaskan identitas dan waktu kejadian.

Personel Linjam terdiri dari anggota TNIPolri. Total personel di Daker Madinah hanya 28 orang. Mereka ditempatkan di 5 sektor pemondokan sekitar Masjid Nabawi plus 1 sektor khusus. Jelas sangat terbatas untuk memantau pergerakan atau mendampingi puluhan ribu jemaah haji.

“Tapi kami berusaha sekuat mungkin agar jemaah terlayani dan terlindungi dengan baik,” tutup Ali yang pernah bertugas sebagai Kepala Sektor Khusus Masjidil Haram Mekah ini.

Gelombang jemaah haji yang mendarat di Madinah sudah berakhir, Sabtu (12/8). Sebagian jemaah sudah bergeser ke Mekah secara bergelombang. Sisanya masih berada di Madinah untuk beribadah arbain (salat 5 waktu 40 kali tanpa putus di Masjid Nabawi).