BI Cirebon Siapkan Rp 5 Triliun Pecahan Baru untuk Penukaran Uang

Cirebon -Memasuki pekan kedua bulan Ramadan, masyarakat Cirebon mulai sibuk mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan saat lebaran.

Salah satunya uang pecahan baru untuk dibagikan ke keluarga dan saudara saat lebaran. Stan penukaran uang pecahan baru yang digagas Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Cirebon di halaman Masjid Raya At Taqwa, Jalan Kartini Kota Cirebon pun gruduk warga.

Sejumlah warga rela mengantri demi bisa mendapatkan uang pecahan baru. Kepala KPw BI Cirebon Abdul Majid Ikram mengatakan BI Cirebon bekerjasama dengan perbankan untuk membuka stan penukaran uang pecahan baru. Rencananya stan penukaran uang pecahan baru di halaman Masjid Raya At Taqwa itu dibuka selama enam hari.

Majid juga mengaku pihaknya menyediakan sebanyak Rp 5,59 triliun uang pecahan baru. Jumlah tersebut, lanjut dia, lebih besar dibandingkan dengan tajun sebelumnya.

“Sekarang jumlahnya Rp 5,59 triliun, kalau tahun lalu itu hanya Rp 3,2 triliun. Kita menyediakan bukan cuma untuk masyarakat umum, tapi perbankan juga. Tahun ini alami peningkatan dibandingkan sebelumnya, antusiasme masyarakat terlihat jelas,” kata Majid saat ditemui detikcom di halaman Masjid Raya At Taqwa Kota Cirebon, Senin (28/5/2018).

Majid mengatakan pihaknya membatasi jumlah uang yang ditukarkan. Setiap orang, lanjutnya, untuk masing-masing pecahan hanya diberi jatah satu pak.

“Pembatasan jumlah uang yang ditukarkan ini tujuannya untuk menghindari agar tidak diperjualbelikan. Karena kasus diperjualbelikannya uang baru itu kerap terjadi,” katanya.

Lebih lanjut, Majid mengatakan selain di halaman Masjid Raya At Taqwa, stan penukaran pecahan uang baru juga akan dibuka di beberapa lokasi, seperti rest area Tol Cipali, Alun-alun Indramayu, Gor Ranggajati Kabupaten Cirebon, dan lainnya.

“Kita akan buka dengan jadwal yang berbeda. Tujuannya kan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait uang pecahan baru,” tutup Majid.

Di tempat yang sama, salah seorang warga Cirebon Emi Kusemi (38) mengaku sudah sejak pagi ikut mengantre demi mendapatkan uang pecahan baru. Emi menyiapkan uang pecahan lama sebesar Rp 1,2 juta untuk ditukarkan dengan uang pecahan baru.

“Tadi dibatasi, hanya satu sampai dua pak saja. Ya uang ini buat bagi-bagi ke ponakan saat lebaran nanti. Sudah jadi tradisi, jadi disiapkan dulu,” katanya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *