Belum Masa Kampanye, Baliho dan Spanduk Cabup Pasuruan Ditertibkan

Ratusan petugas dari Panwaslu, KPU dan Satpol PP serentak melakukan penertiban alat peraga kampanye pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati dalam Pilkada Kabupaten Pasuruan 2018.

Penertiban dilakukan sehari setelah penetapan paslon tunggal bupati dan wakil bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf-Mujib Imron (Adjib) yang diusung 9 partai dengan 100 persen kursi parlemen atau 50 kursi.

“Hari ini penertiban dilakukan serentak di 24 kecamatan. Baliho, spanduk dan alat peraga lainnya, baik yang di jalan, kampung-kampung, pohon-pohon. Semuanya, ada ribuan,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Pasuruan Ahmari di salah satu titik lokasi penertiban Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Selasa (13/2/2018).

Menurut Ahmari, penertiban dilakukan karena belum memasuki masa kampanye. Sebelumnya Panwas telah menetapkan bahwa masa kampanye untuk Pilkada Kabupaten Pasuruan terhitung sejak tanggal 15 Februari hingga 23 Juni.

“Sebelum penertiban kami sudah ajukan surat ke tim sukses,” tambahnya.

Ahmari juga mengungkapkan, hari ini pihaknya hanya menertibkan alat peraga kampanye. Untuk baliho, spanduk dan banner program kerja pemerintahan akan ditertibkan saat masa cuti kepala daerah.

“Salah satu calon kan bupati petahana, jadi baliho maupun spanduk program kerja pemerintahan tidak kami tertibkan karena belum masuk waktu cuti sebagai kepala daerah,” terangnya.

Alat peraga yang ditertibkan kemudian dibawa ke kantor Panwascam masing-masing kecamatan. “Jika tim sukses calon ingin mengambilnya, silakan,” pungkas Ahmari.

Pilbup Pasuruan 2018 resmi diikuti calon tunggal yakni Irsyad Yusuf – Mujib Imron (Adjib). Pasangan yang didukung semua partai pemilik kursi di DPRD Kabupaten Pasuruan ini akan melawan kotak kosong dalam gelaran Pilbup nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *