Bayi Panda Menggemaskan di Tokyo Akhirnya Punya Nama

Bayi panda yang lahir di Tokyo, Jepang akhirnya diberi nama. Xiangxiang, begitu dia dipanggil. Apa ya artinya?

Panda betina itu lahir pada bulan Juni 2017 lalu dan berhasil bertahan hidup hingga sekarang. Sejak 30 tahun lalu, ini pertama kalinya bayi panda di Kebun Binatang Ueno, Tokyo, Jepang bertahan hidup selama ini.

Seperti dilansir Reuters, Senin (25/9/2017), induk Xiang Xiang yaitu Shin Shin terakhir kali melahirkan lima tahun lalu. Namun, bayi panda yang dilahirkan itu mati beberapa hari kemudian.

Gubernur Tokyo, Yuriko Koike mengumumkan nama si bayi panda

Biasanya, panda memang diberi nama setelah berusia 100 hari. Nama Xiang Xiang untuk bayi panda ini dipilih dari 322.000 saran nama yang disampaikan publik.

Nama Xiang Xiang sendiri ditulis dalam aksara China yang bermakna wewangian. Gubernur Tokyo, Yuriko Koike sendiri yang mengumumkan nama bayi panda ini.

“Nama ini membangkitkan ide akan wewangian, dan ini sangat lucu,” kata Koike.

Gubernur Tokyo Yuriko Koike menjelaskan makna nama Xiang Xiang / 

Koike merupakan mantan anggota parlemen dari partai berkuasa. Pengumuman nama bayi panda ini hanya beberapa jam sebelum Perdana Menteri Shinzo Abe mengumumkan akan digelarnya pemilihan umum yang dipercepat.

Kembali ke Xiang Xiang, bayi panda ini sangat menggemaskan saat lahir. Pada bulan Juni lalu, dia muat diletakkan di telapak tangan. Kini, beratnya sudah mencapai 6 kg dan bisa berjalan sendiri.