Bandel, PKL Tanah Abang Jualan di Trotoar Meski Sering Ditertibkan

Meski rutin 3 kali sehari ditertibkan, PKL tidak kapok berjualan di trotoar Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pedagang masih menguasai trotoar di Bulan Tertib Trotoar ini.

“Masih tetap ditertibkan. Kami sampai 3 kali menertibkan dalam sehari,” kata Koordinator Lapangan Satpol PP Kecamatan Tanah Abang, Mardiantoro, saat ditemui di Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2017).

Menurut Mardiantoro, PKL yang membandel ini menjadi kendala bagi Satpol PP dalam penertiban ini. “Ya nanti kami tertibkan lagi. Ya namanya pedagang bandel, pasti balik lagi, balik lagi. Karena menurut mereka berjualan di trotoar lebih menguntungkan,” ujar Mardiantoro.

Sebagai petugas yang menertibkan pedagang setiap harinya, Ia mengimbau para PKL untuk mencari tempat yang tidak dilarang. Dia juga mengatakan pedagang agar mematuhi aturan. “Imbauannya, cari tempat yang tidak dilarang. Tempatnya kan dilarang kalau di trotoar, pedagang di dalam pasar saja. Mereka kadang bandel, susah ditertibkan balik lagi. Ini kami mau keluar lagi tertibkan pelanpelan,” tuturnya.

Seorang pedagang pakaian, Andri, mengaku berjualan di trotoar lebih menguntungkan. Hal ini karena banyak pembeli yang membeli barang dagangannya saat berjualan di trotoar.

“Di dalam (pasar) sepi, apalagi habis lebaran gini. Kalau di trotoar ramai, lebih ramai dari di dalam, laku juga barangnya banyak pembeli,” ujar Andri saat ditemui detikcom, di sekitar lokasi, Rabu (2/8/2017).