Bahas Aparat Maju Pilkada, Komisi II DPR akan Undang TNI-Polri

Komisi II DPR akan mengundang TNIPolri dalam rapat dengar pendapat (RDP). Rapat membahas terkait adanya aparat yang maju ke Pilkada 2018.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edy. Salah satu figur yang maju Pilkada adalah Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2018.

“Salah satu yang dibahas termasuk mempermasalahkan masalah ini (Pangkostrad menjadi calon gubernur di Sumut). Termasuk koordinasi lintas pemangku kebijakan ini semacam guide yang jelas bagi anggota TNI, Polri dan ASN yang mau ikut berpolitik apa konsekuensinya dan tidak boleh mengerahkan pasukan gitu kan,” ujar Lukman di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/11/2017).

Saat rapat dengan TNIPolri, Komisi II akan mendalami terkait tindakan yang diberikan jika aparat maju Pilkada. Rapat akan digelar pekan depan.

“Pilkada yang lalu kami menangkap sinyal itu juga tapi tidak diproses, itu yang kami ingin perdalam minggu depan,” terang Lukman.

Beberapa nama jenderal TNIPolri memang akan maju ke Pilkada serentak 2018. Sebut saja Kakor Brimob Irjen Murad Ismail ke Pilgub Maluku, Letjen Edy ke Pilgub Sumut, hingga Kapolda Kaltim Irjen Safaruddin ke Pilgub Kaltim.