Badai Topan Melanda Polandia, 5 Orang Tewas dan Puluhan Terluka

Warsawa Lima orang tewas dalam insiden badai angin topan di Warsawa, Polandia. Dua di antara lima orang tersebut adalah remaja pramuka yang sedang berkemah.

Seperti yang dilansir AFP, Minggu (13/8/2017), dua remaja tersebut tewas karena tertimpa pohon saat tidur di dalam tenda. Sekitar 20 anak lainnya juga mengalami luka saat badai menghantam perkemahan tersebut.

“Kami benarbenar takut dan kami hanya bertahan sampai semua pohon turun,” kata salah seorang pramuka yang tidak mau disebutkan namanya kepada saluran berita TVN24 dikutip AFP.

Sebelum berhasil mengevakuasi pramuka dari tendanya, petugas membutuhkan waktu yang lama untuk membersihkan pepohonan dan puingpuing dari akses jalan. Menurut ahli meteor, badai tersebut adalah angin topan. Dalam sebuah rekaman televisi, di udara menunjukkan bentangan luas hutan yang terkena badai seperti hamparan korek api.

Selain kedua remaja pramuka, seorang wanita ditemukan tewas di rumahnya di desa utara Konarzyny karena tertimpa pohon. Seorang pria yang tertidur di dalam tenda di desa terdekat juga ditemukan tewas setelah tendanya ditabrak pohon yang dilanda angin kencang.

Korban kelima dalam insiden ini adalah pria berusia 48 tahun yang juga tertimpa pohon. 37 orang juga dilaporkan terluka secara nasional.

Perdana Menteri Polandia Beata Szydlo menjanjikan bantuan keuangan untuk kotakota yang terkena dampak badai paling parah.