Azwar Anas Mundur dari Cawagub Jatim, PKB Tunggu Keputusan PDIP

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mundur dan mengembalikan mandat penugasannya sebagai bakal calon wakil gubernur mendampingi Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ke PDI Perjuangan. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai rekan koalisi di Pilgub Jawa Timur itu menyerahkan sepenuhnya keputusan calon pengganti Anas kepada PDI Perjuangan.

“Kita menyerahkan semuanya ke PDIP. Jadi bagaimana keputusan PDIP tentang persoalan Pak Anas, kita serahkan ke mereka. PKB tetap pada komitmen untuk memenangkan koalisi ini,” kata Wasekjen PKB Maman Imanulhaq saat berbincang.

Soal siapa calon pengganti Anas untuk dipasangkan dengan Gus Ipul, PKB yakin PDIP tidak kesulitan mengambil keputusan. PDIP disebut memiliki banyak kader yang bisa diandalkan.

“Saya ngobrol dengan Pak Saifullah Yusuf, dan kami menilai PDIP banyak sekali kadernya, sehingga siapa pun yang akan disandingkan, tentu kita akan terima. Mereka punya Risma (Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini), Eva Sundari,” katanya.

Menurut Maman, sosok yang akan dicalonkan itu juga tidak harus berasal dari Jatim. Yang terpenting orang tersebut bisa memenangkan koalisi PKB dan PDIP di Pilgub Jatim.

“PDIP kan juga punya tradisi baru, yakni tidak mesti orang Jawa Timur, seperti Djarot untuk Pilkada Sumatera Utara. Yang pasti, orang itu harus saling melengkapi dan membantu kemenangan koalisi ini,” kata Maman.

Azwar Anas telah mengembalikan mandat penugasan sebagai cawagub Jatim 2018 ke PDIP dan PKB. Hal ini dia lakukan setelah beredarnya isu mundurnya Anas sebagai cawagub Jatim.

Sebelumnya, Anas siap mendampingi Saifullah Yusuf (Gus Ipul) maju Pilgub Jatim. Gus Ipul-Anas juga sempat bersafari politik ke beberapa daerah di Jatim.

Namun situasi politik berubah karena isu mundurnya Anas sebagai cawagub Jatim. Anas dalam keterangan tertulisnya menyatakan akan tetap bertugas sebagai Bupati Banyuwangi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *