Arus Balik Libur Natal, Roda Empat Antre Masuk Tol Pasteur

Arus balik libur Natal 2017 mulai terjadi. Kendaraan roda empat mengular saat hendak masuk ke Gerbang Tol (GT) Pasteur Bandung.

Berdasarkan pantauan , Senin (25/12/2017), sekitar pukul 15.45 WIB, kepadatan terjadi di Jalan Djunjunan (Pasteur). Bahkan kendaraan dari jalan layang Pasupati arah GT Pasteur juga mengantre saat memasuki area GT Pasteur.

Saat di GT Pasteur, kendaraan yang hendak masuk mengantre untuk melakukan tap tol elektronik (e-tol). Petugas bersiaga di gardu membantu pengendara mengetap kartu e-tol.

Sementara itu kondisi berbeda terjadi di jalur sebaliknya. Dari arah GT Pasteur menuju ke arah Bandung atau jalan layang Pasupati tampak lengang. Di GT Pasteur juga tidak terjadi antrean cukup panjang saat pengendara melakukan pembayaran melalui E-tol.

Kepala Shift GT Pasteur Jumyati mengatakan saat ini memang kendaraan yang masuk ke GT Pasteur atau meninggalkan Kota Bandung cukup banyak dibandingkan arah sebaliknya. Dari data yang terkumpul, sejak pukul 12.00 hingga pukul 16.00 WIB sudah ada 5.724 kendaraan yang keluar Bandung.

“Memang jumlah kendaraan yang masuk GT Pasteur lebih banyak dibandingkan yang keluar GT Pasteur. Kendaraan yang keluar jumlahnya hanya 3.958 kendaraan,” ucap Jumyati saat ditemui di Kantor Jasa Marga Pasteur.

Menurut Jumyati, kendaraan yang paling banyak meninggalkan Bandung terjadi pada pukul 14.00 hingga 15.00 WIB. Jumlah kendaraan mencapai 1.906 mobil.

“Sejak pukul 12.00 siang tadi sampai sekarang memang paling banyak jam 14.00 tadi. Masih sama, paling banyak yang masuk GT Pasteur dibanding yang keluar Pasteur,” katanya.

Upaya penguraian kemacetan di pintu masuk Pasteur dilakukan. Salah satunya dengan metode jemput kendaraan.

Sebanyak dua orang petugas bersiaga di satu gardu tol. Petugas turut membawa sebuah alat untuk memudahkan pengendara mengetap kartu e-tol.

“Itu salah satu upaya untuk mencairkan. Jadi bisa lebih cepat,” ujar Jumyati.

Kendati demikian, total jumlah tersebut belum diakumulasikan selama sehari ini. Jumlah yang ada masih rendah dibandingkan jumlah total kendaraan yang keluar masuk pada Minggu (24/12) kemarin.

Berdasarkan data, kendaraan yang masuk Pasteur kemarin mencapai 14.538 sementara yang keluar mencapai 13.900 kendaraan.

“Tapi jumlah tersebut bagi kami masih normal. Kalau weekend biasa, tidak ada momen tertentu juga jumlahnya tidak jauh dengan sekarang,” kata Jumyati.

Sementara itu di tempat terpisah, Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo mengimbau bagi wisatawan yang hendak ke Bandung atau meninggalkan Bandung tidak selalu menggunakan GT Pasteur. Menurut dia, masih ada akses lain yang bisa digunakan seperti GT Pasirkoja, Buahbatu, M. Toha dan Kopo.

“Sesuaikan dengan tujuan saja. Supaya tidak terjadi kepadatan khususnya di Pasteur,” kata Hendro di Mapolrestabes Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *