Arsip Rahasia Kuak Plot Para Pendukung Fanatik Nazi di Chile

Sebuah dokumen rahasia di Chile baru-baru ini terkuak. Isinya cukup mengejutkan karena menyebut bahwa Nazi memiliki pendukung fanatik di negara itu.

Dalam dokumen disebutkan, para pendukung Reich Ketiga di Chile menerima latihan paramiliter dan bertugas mengirimkan informasi kepada Jerman selama Perang Dunia II.

Dikutip dari The Guardian, pada Jumat (23/6/2017), arsip rahasia itu berasal dari Kepolisian Chile.

Investigasi selama Perang Dunia II menemukan fakta bahwa pendukung Nazi di negara itu berencana mengebom sejumlah tambang. Tak hanya itu, mereka juga menyuplai informasi untuk Reich Ketiga.

Tak hanya itu, arsip juga menyebut, pada Perang Dunia II anak-anak muda dari keluarga keturunan Jerman menggelar latihan paramiliter di selatan Chile. Sementara, pendukung Nazi di negara itu secara rutin mengirim informasi ke Jerman tentang rute bantuan militer negara Sekutu.

Pengungkapan dokumen dilakukan bertepatan dengan momentum ditemukannya puluhan artefak Nazi di belakang tembok rak buku di Buenos Aires, Argentina.

Temuan artefak, juga isi dokumen menjadi bukti, ada sejumlah pendukung Nazi di Chile dan Argentina selama Perang Dunia II.

Pasca-tumbangnya Nazi dan Hilter, banyak tentara Reich Ketiga yang kabur keluar Eropa dan bersembunyi di Amerika Selatan.

Menurut dokumen itu, polisi menahan 40 orang sebagai hasil investigasi mereka.

Aparat juga menyita sejumlah buku kode, radio komunikasi, senjata, juga rencana membom tambang di utara Chile.

Sebanyak 80 lembar dokumen rahasia itu kini secara resmi diberikan ke Arsip Nasional Chile pada Kamis 22 Juni 2017. Dokumen itu akan segera bisa dilihat oleh publik.

“Sampai kemarin, itu adalah rahasia negara,” kata anggota parlemen Gabriele Silber setelah upacara penyerahan dokumen.

“Mungkin mulai hari ini, kita akan menyadari sebuah kebenaran pahit bahwa banyak figur politik dan pebisnis di Chile ternyata saat itu adalah pendukung Nazi,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *