Ancaman Luhut Buka Dosa Amien Rais Sikap Pribadi

Pihak Istana Kepresidenan menanggapi pernyataan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan atas tudingan Amien Rais yang menyebut program pembagian sertifikat tanah untuk rakyat adalah ‘ngibul’. Juru Bicara Presiden Johan Budi SP menegaskan pernyataan Luhut tersebut tidak mewakili Presidden Joko Widodo (Jokowi).

“Nah, Pak Luhut. Pak Luhut menurut saya tidak mewakili sikap Presiden. Ini perlu digarisbawahi,” ujar Johan Budi saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (21/3/2018).

Johan menjelaskan, ucapan Luhut yang akan menelusuri rekam jejak Amien Rais itu disampaikan di dalam sebuah seminar. Pernyataan itu lebih cenderung sebagai pandangan pribadi Luhut.

“Ucapan Pak Luhut disampaikan dalam sebuah seminar, kalau kita panjang lebar itu lebih banyak cerita tentang, kayanya kan begitu. Tidak mencerminkan sikap Presiden atau sikap pemerintah. Itu lebih kepada sikap pribadi Pak Luhut yang gaya penyampaiannya seperti itu. Pak Amien Rais juga kan begitu kan gayanya. Blak-blakan,” kata Johan.

Johan menyarankan wartawan meminta penjelasan lebih rinci ke Luhut mengenai pernyataannya yang akan menelusuri rekam jejak Amien Rais tersebut.

“Oleh karena itu perlu dijelaskan ini bukan sikap Presiden. Lebih baik ditanya lebih detil lagi apa yang disampaikan Pak Luhut, apa maksud yang disampaikan itu,” kata Johan.

Johan juga meminta pernyataan Luhut tersebut dilihat secara luas. “Jangan hanya kemudian yang dibuat ‘saya akan mencari dosa-dosamu’ itu,” kat Johan.

Sementara itu, terkait dengan pernyataan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar pemerintah tidak arogan dalam menanggapi kritik, Johan malah bertanya balik.

“Harus ditanya dulu ke Pak SBY statement mana yang dianggap arogan?” katanya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *