Anas Menjawab Polemik SMA/SMK di Surabaya Tak Lagi Gratis

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jatim Abdullah Azwar Anas menjawab kegalauan masyarakat di Kota Surabaya terkait polemik SMA/SMK yang dikelola Pemprov Jatim. Biaya pendidikan SMA/SMK kini tidak lagi gratis.

Bupati Banyuwangi yang diusung koalisi PDIPPKB dengan dipasangkan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini memberikan sinyal jika salah satu yang akan diwujudkan dalam pemerintahan di Jatim mendatang adalah penguatan kolaborasi antar kabupaten/kota.

Salah satunya di bidang pendidikan, khususnya terkait pengelolaan SMA/SMK yang kini berada di bawah pemerintah provinsi sesuai undangundang yang ada.

Hal itu disampaikan pada saat Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) menyambut Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 di salah satu hotel, Sabtu (18/11/2017) malam.

“Seperti di Surabaya ini, sangat mampu membiayai SMA/SMK. Ada regulasi yang InsyaAllah memungkinkan, terkait tugas pembantuan,” kata Anas.

“Jadi ke depan Pemkot Surabaya dan juga daerah lain dengan kekuatan anggaran yang memadai bisa bermitra dengan pemerintah provinsi untuk mengelola SMA/SMK, sehingga pendidikan anakanak kita bisa semakin bagus dan mudah diakses,” tambah Anas.

Rapat yang diikuti 1.500 kader PDIP seSurabaya itu dihadiri Cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi dan Ketua DPC PDIP Surabaya yang juga Wakil Wali kota Surabaya Whisnu Sakti Buana.