Amir Syamsuddin: AHY Cocok Jadi Menteri

Isu santer Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilirik jadi menteri mengiringi pertemuan putra sulung SBY itu dengan Presiden Jokowi dan putra sulungnya, Gibran Rakabuming. Partai Demokrat mengaku belum mendengar kabar itu, namun soal kapasitas, ditegaskan AHY memenuhi kriteria masuk kabinet.

“Saya belum mendengar ada statement resmi, tapi kalau memang hal itu benar, saya kira terpulang kepada seorang Agus untuk mempertimbangkan sendiri. Dia pribadi yang dalam waktu singkat sudah bisa mengambil keputusan strategis, dia bukan orang peragu untuk mengambil keputusan,” kata Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin kepada wartawan, Jumat (11/8/2017).
Jika tawaran menteri untuk AHY itu benar adanya, menurut Amir, putra sulung Presiden RI ke6 itu adalah pilihan tepat. Amir memuji sosok AHY yang masih muda dan berintegritas.

“Saya kira sangat mumpuni. Kalau memang ingin mengangkat orang yang punya background dan integritas, kalau itu ukurannya, memang seorang Agus Harimurti Yudhoyono itu cocok,” katanya.

Namun demikian, Amir menuturkan, pertemuan AHY dengan Jokowi dan Gibran kemarin tidak ada hubungan langsung dengan tawaran menteri itu. Pertemuan itu, menurut Amir menunjukkan semangat AHY membangun komunikasi dengan tokoh bangsa.

“Saya kira itu itu adalah manifestasi kedewasaan seorang Agus yang dia ingin menjalin komunikasi sebaik mungkin dengan tokohtokoh bangsa. Saya kira ini langkah bagus dan tanpa membawa simbol partai, atas inisiatif sendiri membangun komunikasi semacam ini,” pungkasnya.