Akankah Jenderal Gatot Tergoda Terjun ke Pilgub Jateng?

Jenderal Gatot Nurmantyo kerap disebut akan terjun ke dunia politik usai dirinya purna tugas sebagai seorang prajurit TNI. Beberapa hasil survei pun menyebut namanya karena dianggap memiliki elektabilitas.

Nama mantan Panglima TNI ini muncul dalam hasil survei sebagai kandidat potensial untuk mengikuti kontestasi pilpres hingga pilgub. Di gelaran pilkada serentak, nama Gatot disebut-sebut di Pilgub Jawa Tengah.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) belum menentukan calon untuk diusung pada Pilgub Jateng 2018. Sekjen PPP Arsul Sani menuturkan partainya membuka kemungkinan baru untuk mendukung Jenderal Gatot sebagai cagub.

“(PPP) Mendiskusikan opsi baru seperti yang disampaikan oleh teman-teman PPP Solo Raya yang mengusulkan agar Pak Gatot Nurmantyo diusung sebagai cagub Jateng,” kata Arsul saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (2/1) kemarin.

Meski demikian, Arsul mengatakan PPP akan berkomunikasi dengan parpol lain. “Posisi PPP masih menunggu saja, terbuka untuk terus berkomunikasi dengan partai-partai lainnya,” ucap Arsul.

Seperti diketahui, PPP belum menentukan sikap dengan siapa akan berkoalisi dalam Pilkada Jateng 2018. Sejauh ini PPP masih menunggu pengumuman nama bakal cagub yang akan diusung PDIP.

Sementara itu, bakal calon gubernur Sudirman Said juga ikut menggoda Jenderal Gatot untuk terjun ke dunia politik. Mantan menteri ESDM ini menyebut Gatot sebagai sosok pemimpin terbaik yang dipunya Indonesia.

Sosok Gatot dinilai layak maju di Pilgub Jateng. Menurutnya, jika Gatot berkenan ikut berkompetisi akan membuat persaingan Pilgub Jateng kian menarik.

“Saya kira Pak Gatot Nurmantyo adalah salah satu leader terbaik yang kita punya di militer sampai ke puncak dan beliau juga tidak punya catatan yang tercela,” ujar Sudirman kepada wartawan di Hotel Ambhara Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (2/1/2018).

Sudirman juga angkat bicara terkait poros-poros di Pilgub Jateng. Ia tak mempermasalahkan jika ada poros ketiga di Jateng.

“Saya menyambut baik kalau nanti ada poros ketiga, poros keempat yang akan meramaikan Pilgub Jateng,” tutur Sudirman.

Jenderal Gatot sendiri belum memberi tanggapan terkait hal ini. Telepon dan SMS wartawan detikcom belum direspons sejak Selasa (2/1) malam.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *