Ada Percikan Api di Kereta Melbourne, Ratusan Penumpang Dievakuasi

Melbourne

Ratusan penumpang terpaksa diturunkan dari dua kereta api di Melbourne, Australia, setelah percikan api muncul di atas jaringan kereta yang hendak mendekati stasiun utama Flinders Station hari Kamis (3/8/2017) pagi.

Pengelola kereta di Melbourne, Metro Trains mengatakan adanya masalah dengan kabel di atas kereta menjadi penyebab saat kejadian pukul 7:25 pagi tersebut, dan sekitar 30 penumpang harus dievakuasi dari kereta sekitar pukul 8.

Juru bicara Metro Trains, Sammy Black mengatakan kereta tersebut berada sekitar 600 meter dari stasiun Flinders St ketika insiden terjadi.
Penumpang harus dievakuasi setelah kereta mengeluarkann api

“Kami memanggil pemadam kebakaran sebagai tindakan berjagajaga, namun mereka meninggalkan lokasi segera, setelah mengetahui ini hanya masalah kabel di atas kereta.” katanya kepada ABC Radio Melbourne.

“Kami bisa mengerti melihat dari foto yang beredar tampaknya memang menakutkan, namun ini tidak membahayakan penumpang saama sekali.”

Black mengatakan penyelidikan sekarang dilakukan mengapa hal tersebut terjadi.

Video yang diambil oleh Ben Yeo menunjukkan percikan api di saat dia mengendarai mobil hendak masuk ke tempat parkir di Federation Square.

“Ketika saya hendak mengambil tiket masuk, saya mendengar suara percikan keras, dan melihat asap membubung ke udara,” katanya kepada ABC Radio Melbourne.

“Dan kemudian terjadi lagi, jadi saya mengambil ponsel, dan merekamnya.”

“Ini terjadi tiga kali, namun saya harus segera masuk kerja.”

“Tranformer di atas kereta itu mengeluarkan api. Saya kira itu yang menyebabkan keterlambatan kereta di jalur Sandringham.”
Penumpang harus turun dari kereta karena tidak berfungsi

Kereta kedua yang hendak menuju ke pusat kota kemudian kehilangan tenaga dan harus berhenti di antara dua stasiun, Flinder St dan Richmond.

Juru bicara Metro mengatakan di dalam kereta kedua tersebut penumpang tidak mengalami situasi berbahaya dan kereta tidak mengalami kebakaran.

Sekitar 300 penumpang kemudian harus dievakuasi dari kereta kedua.

Salah seorang penumpang Assad Muccadan mengatakan kereta yang ditumpanginya berhenti dan pengemudinya mengatakan keretanya tidak berfungsi.

“Kemudian ada pengumuman yang mengatakan mereka tidak tahu apa yang terjadi, dan mereka akan mengevakuasi seluruh penumpang di tengahtengah jalur.”

“Sejak itu, sekitar pukul 7:30, kami tidak bisa keluar, dan baru bisa dievakuasi setelah satu jam.”

“Kami tidak bisa melakukan apaapa.”

Insiden itu menyebabkan perjalanan kereta tertunda selama 30 menit.