Ada Burung Masuk Mesin, Japan Airlines Mendarat Darurat di Tokyo

Tokyo Sebuah pesawat maskapai Japan Airlines (JAL) melakukan pendaratan darurat di Tokyo, Jepang. Dilaporkan ada gangguan mesin yang terjadi setelah pesawat menabrak seekor burung saat mengudara.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Selasa (5/9/2017), insiden ini terjadi sesaat setelah pesawat maskapai Jepang ini lepas landas dari Bandara Internasional Haneda di Tokyo, pada Selasa (5/9) waktu setempat. Pesawat jenis Boeing 777 ini lepas landas pukul 11.00 waktu setempat dan kembali ke Haneda sekitar 1 jam kemudian untuk melakukan pendaratan darurat.

Saat insiden ini terjadi, pesawat ini diketahui hendak terbang ke New York, AS, dengan membawa 233 penumpang dan 15 awak pesawat. Juru bicara maskapai JAL memastikan tidak ada korban luka dalam insiden ini.

Penyebab insiden ini masih diselidiki oleh otoritas setempat. Namun pihak maskapai JAL dalam keterangannya mengakui ada seekor burung yang masuk ke mesin sehingga memicu gangguan.

“Tampaknya ada seekor burung yang tersedot ke dalam mesin sebelah kiri saat lepas landas,” tutur juru bicara JAL yang tidak disebut namanya kepada AFP.

“Pesawat menghabiskan bahan bakar di udara,” imbuhnya, merujuk pada upaya pilot untuk mengurangi beban pada pesawat saat melakukan pendaratan darurat.

Tayangan video amatir menunjukkan api berkobar dari salah satu mesin pesawat, ketika pesawat mengudara sesaat setelah lepas landas. Sedangkan tayangan televisi nasional Jepang, NHK, menunjukkan pesawat itu telah mendarat dengan selamat di Bandara Internasional Haneda.