3000 Polisi Siap Amankan Aksi Bela Rohingya di Magelang

Magelang Sebanyak 3.000 personel kepolisian disiapkan untuk pengamanan aksi Bela Rohingya yang akan berlangsung Jumat (8/9) di Masjid An Nuur, Sawitan, Kabupaten Magelang.

“Kita siapkan tenaga pengamanan diback up Polda Jawa Tengah dengan kapasitas 3000 personel,” jelas Wakapolres Magelang, Kompol Heru Budiharto, di Mapolres Magelang, Selasa (5/9/2017).

Heru menyebutkan, jumlah tersebut tidak hanya berasal dari Polda Jateng saja, namun juga Polres sekitar. Di antaranya dari Magelang Kota, Semarang, Kebumen, Klaten, Yogyakarta, dan lainnya.

“Pengamanan akan kita mulai dengan gelar pasukan pada hari Kamis (7/9) besok. Jadi atau tidaknya aksi, gelar pasukan tetap akan kita laksanakan,” kata Heru.

Dia menyebutkan, untuk lokasi aksi, akan dipindah dari rencana awal di kawasan Borobudur menjadi Masjid An Nuur.

“Sesuai dengan rekomendasi dari Polda, dan kita soundingkan dengan pelaksana aksi, kegiatan disetujui pindah ke Masjid An Nuur. Mereka (peserta aksi) bisa terima hal ini,” tandas Heru.

Selain itu, Polres Magelang juga telah menggelar rapat koordinasi bersama dengan FKUB, Forkopimda, MUI, tokoh agama, dan organisasi masyarakat, seKabupaten Magelang di Mapolres Magelang hari ini.

Dalam rapat tersebut, dihasilkan satu kesepakatan bersama bahwa aksi Bela Rohingya akan mengusung pesan damai. Hal itu dipertegas dengan penandatanganan kesepakatan damai oleh perwakilan peserta rakor.