3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Menhan: Semua Baik dan Nurut Kita

Pemerintahan yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla mencapai tiga tahun. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, selama dia menjabat, kondisi pertahanan Indonesia dalam keadaan baik dan aman.

“Selama saya jaga, amanaman saja,” kata Ryamizard saat ditemui seusai acara Malam Bahasa dan Budaya Internasional di Pusdiklat Badiklat Kementerian Pertahanan, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2017).

Dia menjelaskan, setelah dia menjabat sebagai Menhan, sekarang kondisi Indonesia tenteram dan aman. Tidak ada ributribut seperti dahulu dengan Australia dan Malaysia.

“Ribut dengan Australia sekarang tidak ada, kemudian dengan Malaysia, macammacam tidak ada, semua kan baikbaik saja,” ujar Menhan.

Menhan juga menyebutkan tidak ada masalah dengan diplomasi pertahanan yang ia terapkan selama dirinya menjabat. Ryamizard mengatakan Indonesia menjadi negara percontohan di Asia terkait sistem pertahanannya.

“Kita menjadi negara referensi di Asia. Coba kalau lihat masalah laut Cina Selatan, masalah penanganan kelompok radikal di Filipina walaupun di Filipina kita juga membuat trilateral,” ujar Menhan.

“Jadi semuanya baik, semua mengakui kita, semua nurut (pada) kita,” imbuhnya.