3 Kementerian Kumpul Bahas Maraknya Kecelakaan Konstruksi

Tiga kementerian menggelar pertemuan membahas maraknya kecelakaan konstruksi belakangan ini. Ketiga kementerian itu adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Kementerian Perhubunga (Kemenhub).

Menurut agenda yang diterima agenda pertemuan berlangsung di Kementerian PUPR pukul 13.00 WIB.

“Kita akan koordinasi antara pemilik proyek dengan pengambil kebijakan. Akan ada koordinasi kami (Kementerian BUMN) dengan Kementerian PUPR dan Menhub (Menteri Perhubungan),” kata Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN Ahmad Bambang dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (20/2/2018).

“Siang ini ada pertemuan 3 menteri di Kementerian PUPR,” lanjutnya.

Masing-masing kementerian memiliki keterlibatan dalam proyek konstruksi. Maka untuk mengatasi ini perlu dilakukan koordinasi.

“Kementerian BUMN kan pembina proyek BUMN, pembina teknisnya ada di PUPR, pemilik proyeknya ada Kementerian Perhubungan, ini koordinasi dulu,” paparnya.

Seperti diketahui, bekisting pierhead proyek Tol Becakayu ambruk sekitar pukul 03.40 WIB. Akibatnya, 7 pekerja luka-luka. Sekitar 6 orang dilarikan ke RS UKI, Jakarta Timur, sedangkan 1 lainnya dirujuk ke RS Polri.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor menegaskan bagian yang ambruk bukan tiang pancang atau tiang penyangga, melainkan bekisting pierhead.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *