14 Ribu Personel Gabungan Amankan Pilkada Serentak di Sumut

Sebanyak 14.794 personel gabungan akan mengamankan Pilkada Serentak 2018 di Sumatera Utara. Personel gabungan berasal dari jajaran Polda Sumut dan Kodam I/Bukit Barisan.

“Tingkatkan ketakwaan. Sampaikan nilai persaudaraan dan damai dalam pengerjaan tugas. Tingkatkan kewaspadaan terhadap situasi yang akan dan sedang terjadi. Tingkatkan koordinasi,” ujar Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw dalam apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Toba 2018 di Lapangan Benteng, Medan, Sabtu (6/1/2018).

Apel juga dihadiri Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen Cucu Somantri, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea, Ketua Bawaslu Sumut Syafrida, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, termasuk Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto.

Dalam apel, para pejabat yang hadir mengecek masing-masing personel TNI, Polri, hingga BPBD. Apel dilakukan untuk mengecek kesiapan personel serta sarana dan prasarana yang ada agar pilkada dapat berjalan aman.

Kapolda menyebut antisipasi gangguan harus dilakukan di seluruh wilayah Sumut. Karena itu, seluruh personel harus sigap.

“Semua daerah rawan. Kita siapkan kekuatan maksimal. Pengamanan kantor KPU dan Bawaslu juga. Polri ada 13.544 personel dan dibantu TNI 1.250 personel,” jelas Paulus.

Pilkada Serentak 2018 digelar di sejumlah wilayah, yakni Langkat, Deli Serdang, Tapanuli Utara, Padang Lawasa Utara, Padang Lawasa, Dairi, Batu Bara dan Padangsidempuan. Selain itu, digelar juga Pilgub Sumut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *