13 Orang Telah Ditangkap Terkait Pelemparan Sepatu ke Mahathir

Kuala Lumpur Kepolisian Malaysia menangkap tiga orang lagi terkait insiden pelemparan sepatu dan kursi di acara yang dipimpin mantan Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad. Dengan demikian, sejauh ini sudah 13 orang yang ditahan terkait kerusuhan tersebut.

“Kami saat ini tengah fokus pada penyelidikan kerusuhan di forum tersebut. Mereka yang membuat masalah tak akan dibiarkan,” ujar Inspektur Jenderal Kepolisian Tan Sri Khalid Abu Bakar seperti dilansir The Star, Rabu (16/8/2017).

Ditambahkan Khalid, penyelenggara acara tersebut juga akan dipanggil untuk diminta keterangannya. Khalid pun mengecam pengelola acara yang menyalahkan polisi atas kekacauan saat event yang digelar pada Minggu (13/8) tersebut. Ditegaskannya, sesuai UndangUndang maka tanggung jawab untuk menjaga keselamatan para peserta dan lokasi acara forum tersebut berada di tangan para penyelenggaranya.

“Tak adil bagi mereka (penyelenggara) menyalahkan polisi,” cetus Khalid.

Dalam insiden di Shah Alam, pinggiran Kuala Lumpur tersebut, peserta acara melemparkan sepatu, kursi, dan botol ke arah Mahathir yang tengah mendengarkan berbagai pertanyaan dari hadirin. Mereka juga menyalakan suar saat kerusuhan pecah. Sebuah video menunjukkan suasana ruangan yang dipenuhi asap. Mahathir kemudian dilarikan keluar dari gedung. Dia dipastikan tak terluka akibat kejadian ini. Namun ada dua orang yang terluka dalam acara yang digelar untuk membahas skandal finansial yang menjerat PM Najib Razak tersebut.

“Jelas ini dirancang untuk membungkam Mahathir dan oposisi,” kata Syed Saddiq, kepala kepemudaan Partai Bersatu yang didirikan Mahathir. “Tapi kita tidak akan takut dengan orangorang pengecut,” ujarnya.

Oposisi senior Azmin Ali menyalahkan PM Najib Razak yang menurutnya menggunakan premanisme untuk membungkam Mahathir. “Ini adalah tindakan pengecut,” cetusnya.