11 Pesawat Sukhoi Baru akan Gantikan F-5 di Lanud Iswahyudi

Karanganyar TNI AU akan mendatangkan 11 pesawat Sukhoi Su35 untuk menggantikan pesawat F5. Pesawat F5 yang saat ini berada di Lanud Iswahyudi, Madiun sudah digrounded atau berhenti beroperasi.

Namun pesawat tempur asal Rusia itu untuk sementara akan ditempatkan di Lanud Hasanuddin, Makassar. Sebab, saat ini infrastruktur Lanud Iswahyudi belum mampu menampungnya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto usai melantik para perwira baru asal Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) di Lanud Adi Soemarmo, Selasa (21/11/2017).

“Kita belum berani membangun Iswahyudi. Setelah pesawat Sukhoi itu datang, baru kita segera melaksanakan pembangunan. Kita punya waktu satu tahun menunggu pesawat itu hadir. Sehingga sambil menunggu infrastruktur, kita tempatkan di Lanud Hasanuddin dahulu,” katanya.

Untuk menerbangkan Sukhoi Su35, pilot disyaratkan memiliki jam terbang di Sukhoi Su27 dan Sukhoi Su30. Menurutnya, para pilot TNI AU siap menerbangkannya.

“Semua penerbang tempur siap, termasuk penerbang F5 kemarin yang pesawatnya sudah grounded. Mereka juga terbang di Sukhoi, kemudian F16 maupun di T50, sehingga mereka siap,” ujar dia.

Pesawat tersebut merupakan generasi 4,5 dengan teknologi yang baru. Dari sisi persenjataan, Sukhoi memiliki misil air to air maupun air to ground.

“Ada persenjataan air to air dan air to ground. TNI AU tentu senang banyak pesawat karena sebanding dengan kesiapan pilot kita,” tutupnya.

Related Post